Sabtu, 22 Mar 2025
  • Selamat datang di website resmi SMK Negeri 1 Pontianak
  • Selamat datang di website resmi SMK Negeri 1 Pontianak

Pemasaran Online dengan E-Mail da Media Sosial

A. Hakikat, Pengertian, Manfaat dan langkah-langkah membuat E-mail

1. Definisi E-mail

E-mail atau singkatan dari electronic mail, dimana e-mail merupakan jenis layanan internet yang paling populer. melalui e-mail para pengguna dapat mengirimkan berita, informasi, surat, dokumen gambar, data dan file. secara khusus e-mail merupakan suatu fasilitas yang digunakan untuk mengelola surat-menyurat beserta lampirannya secara elektronik. fungsi dari e-mail secara umum adalah untuk mengirim pesan kepada orang lain dengan menggunakan internet sebagai medianya. dengan adanya e-mail ini, banyak orang yang akhirnya dapat berkomunikasi dengan mudah. disisi lain e-mail juga berperan penting bagi yang akan menjalankan bisnis. dimana selain memungkinkan untuk berkirim pesan dengan cepat dan mudah, e-mail juga bisa menjadi identitas kita dalam membuat akun media sosial yang bertujuan untuk melakukan pemassaran online dengan media sosial.

adapun format penulisan alamat pada surat elektronik atau e-mail, sebagai berikut :

    namapengguna@domain.com
dimana berdasarkan alamat tersebut dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
a. nama pengguna
    nama pengguna merupakan identitas pengguna atau ID atau nama kontak surat
b. @ dibaca “at”
at berkaitan dengan lokasi, sehingga tanda ini menunjukkan lokasi alamat e-mail
c. domain.com

merupakan temapat nama domain e-mail itu berada.

2. Membuat Akun E-Mail
    berikut adalah langkah-langkah dalam membuat e-mail, silahkan klik linknya dan tonton videonya:
3. Manfaat E-Mail
    Manfaat e-mail diantaranya ;
  1. Sebagai sarana berkirim surat melalui internet dengan kemampuan  melampirkan dokumen dalam bentuk file,  gambar,  video maupun audio.
  2. Sebagai sarana komunikasi, dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan siapapun yang terhubung  dengan internet diseluruh dunia.
  3. Dapat mengirim surat sekaligus ke beberapa  tujuan dalam waktu cepat dengan biaya murah.
  4. Digunakan  untuk berlangganan  informasi  tertentu secara periodik.
  5. Digunakan untuk mendaftarkan akun media sosial (twitter, instagram, path, line, facebook,  dll)
  6. Digunakan untuk mendaftarkan user berbagai pelayanan publik secara online seperti : BPJS,  simponi.kemenkeu.go.id djp.pajak.go.id
  7. Digunakan sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftar domain desa.id

B. Pengertian Media Sosial, Ciri, Fungsi, Jenis, dan Manfaatnya

1. Pengertian Media Sosial
Media sosial dapat dipahami sebagai suatu platform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di media sosial, misalnya yaitu melakukan komunikasi atau interaksi hingga memberikan informasi atau konten berupa tulisan, foto dan video. Berbagai informasi dalam konten yang dibagikan tersebut dapat terbuka untuk semua pengguna selama 24 jam penuh.
Media sosial sendiri pada dasarnya adalah bagian dari pengembangan internet. Kehadiran beberapa dekade lalu telah membuat media sosial dapat berkembang dan bertumbuh secara luas dan cepat seperti sekarang. Hal inilah yang menjadikan semua pengguna yang tersambung dengan koneksi internet dapat melakukan proses penyebaran informasi atau konten kapan pun dan di mana pun.

berikut adalah video tutorial penjelasannya, silahkan klik dan tonton video berikut:
divideo tambahan berikut ini juga adalah penjelasan mengenai 7 aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan didunia:
berikut ini juga adalah video penjelasan mengenai media sosial paling terfavorit didunia:

C. Pemasaran Online dengan Menggunakan Media Sosial

    Diera digital ini, media sosial merupakan slah satu media pemasaran yang banyak digunakan. banyak sekali pelaku usaha yang berlomba-lomba untuk mendirikan bisnis online sehingga pengetahuan mengenai media sosial marketing menjadi sangat penting untuk dipahami terutama bagi pelaku bisnis. ada strategi-strategi yang dapat dilakukan untuk melakukan pemasaran dimedia sosial. bagi individu, media sosial merupakan media yang digunakan untuk mencari informasi , berbagi informasi, hiburan, relaksasi atau untuk melakukan interaksi sosial. sedangkan bagi suatu perusahaan organisasi atau perusahaan, media sosial banyak digunakan sebadai media atau alat untuk melakukan komunikasi pemasaran.

Berikut ini adalah link video singkat mengenai penjelasan menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran:

dan dilink video tambahan berikut adalah penjelasan mengenai beberapa aplikasi yang bisa membantu dalam meningkatkan penjualan melalui media sosial:
Demikin materi yang bisa disampaikan hari ini, semoga bermanfaat dan sukses untuk kalian semua
Terima Kasih !!!

Artikel Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar